Selasa, 28 Agustus 2012

Masjid Al-Jihad Banjarmasin

Peradaban umat muslim di dunia sudah semakin maju, yakni adanya sarana sarana peribadatan yang megah, indah dan terkenal.  Dalam  menjalankan ibadahnya umat muslim ingin juga merasa nyaman, tenang dan kusuk semata-mata untuk mendapatkan keridoan Allah Swt. (Mardatillah), disamping itu Islam mengajarkan dalam beribadah untuk mengutamakan hablum minnan naas (bersosialisasi) atau dalam sholat biasa disebut juga berjamaah.
Sarana-sarana ibadah kaum muslimin antara lain adalah Musholla ada orang menyebutnya Surau, Langgar, ada juga yang ukurannya lebih besar yakni Masjid, dan Masjid biasa digunakan untuk Shalat Jum'at bagi kaum muslimin kadang-kadang juga dipakai sebagai sarana pendidikan umat seperti halnya pengajian. 


Beberapa tahun silam sejarah membuktikan  Taj Mahal di India adalah masjid yang dibangun oleh seorang raja pada masanya sebagai wujud kecintaan dan penghormatan terhadap istrinya yang cantik jelita Mumtaz Mahal yang masyhur ke seantero jagad raya. Di Saudi Arabia sebelumnya telah ada Masjid Nabawi, di Palestina Masjidil Aqsa yang masing-masing memberi kesan mendalam bagi umat muslim di seluruh dunia. Sedang di Tanah Air terdapat masjid-masjid yang juga megah dan terkenal seperti Masjid Istiqlal di Jakarta didesain oleh F Silaban seorang Kristiani yang dibangun pada masa Presiden RI pertama Soekarno, di Depok ada Masjid Dian Al Masri atau Masjid Kubah Emas, sedangkan  di Banjarmasin ada juga mesjid megah nan indah yang bisa menjadi kebanggan warga Kalimantan Selatan yaitu Masjid Al-Jihad. (whyn_m)      

Tidak ada komentar: