Minggu, 07 Oktober 2012

KENAPA LISTRIK MATI (PADAM) ?

"Mati lampu ! Aduh gelapnya ! Gelapan-gelapan jadinya seperti siluman"  Itu sepenggal bait syair lagu dari biduanita terkenal di era 80 an yang juga biduan favorit si penulis, Rita Sugiarto biduan asli KOTA LUMPIA, Semarang.

Disini tidak akan dibahas tentang siapa Rita Sugiarto. Penulis ingin sharing, sekedar berbagi apa yang sedikit diketahuinya tentang apa yang tertulis pada judul diatas. Sering sekali Ibu-ibu bahkan kita sendiri "mengomel" mati lampu ! mati lagi ! mati lagi ! Mana pakaian belum sempat dicuci, rumah panas pula, HP habis baterai lagi, pokoknya suntuk dan nyebelin deh ! Ada 2 hal kenapa listrik PLN mati sehingga di rumah "mati lampu" (kate orang Jakarte) :


Listrik Mati Karena Direncanakan (Padam Terencana).
Dalam kondisi ini listrik mati karena adanya upaya upaya perbaikan maupun pemeliharaan pada sarana/instalasi Kelistrikan milik PLN yang direncanakan agar kwalitas pelayanan listrik yang sudah ada dan baik bisa dipertahankan tetap baik, bahkan untuk ditingkatkan menjadi semakin baik serta lebih andal. Sebagai contoh : a. Pemeliharaan instalasi Pembangkit ataupun Jaringan Transmisi maupun Distribusi, baik itu rutin maupun berkala. b. Pengembangan dan pembangunan instalasi kelistrikan baru. c. Perbaikan kerusakan/gangguan sarana kelistrikan, dan lain lain yang karenanya sehingga untuk pemeliharaan/perbaikan/pembangunannya diperlukan pemadaman listrik. Pada kondisi tersebut biasanya PLN sebagai otoritas pelayanan penyediaan listrik sebelum melakukan pemadaman/pemeliharaan selalu menyampaikan pemberitahuan pemadaman atau sosialisasi kepada pelanggan baik melalui koran atau media informasi lainnya.

Listrik mati tidak direncanakan (Padam Tidak Terencana).
Dalam kondisi ini listrik mati/padam sebagai akibat terjadinya gangguan/kerusakan peralatan instalasi ketenagalistrikan yang mendadak sehingga PLN tidak bisa menyampaikan pemberitahuan atau sosialisasi kepada pelanggan sebelum kejadian, kalaupun dilakukan pemberitahuan biasanya setelah terjadi padam dan biasanya sifatnya permohonan maaf. Sebagai contoh : a. Listrik mati akibat mesin pembangkit rusak yang menyebabkan mesin tidak dapat beroperasi. b. Listrik mati akibat jaringan listrik kerobohan pohon. c. Listrik mati akibat kera nangkring di jaringan listrik PLN. d. Listrik mati akibat jaringan listrik (tiang listrik) ketabrak truk/kendaraan. e. Listrik mati akibat penggunaan listrik secara tidak sah oleh orang/oknum yang tidak bertanggung jawab. Banyak lagi contoh lain sebagai akibat kerusakan-kerusakan yang tiba-tiba yang tidak bisa diprediksikan/diketahui sebelumnya.

Mungkin itulah sekelumit sharing penulis, untuk memberikan sedikit wawasan atau pengetahuan ala kadarnya sehingga kita semua dapat berempati kepada siapapun dan bisa saling mendukung untuk kebaikan dan kemajuan listrik di negeri tercinta ini. (whyn_m)

Tidak ada komentar: